Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Diharap Urai Kemacetan Surabaya, Ketua DPRD Apresiasi Pengoperasian Feeder

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Mar - 2023, 16:22

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono

JATIMTIMES- Pengoperasian angkutan pengumpan (feeder) “Wira-Wiri Suroboyo” mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Kebijakan Wali Kota Eri Cahyadi dinilai sebagai langkah positif dan konkret untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, sekaligus menumbuhkan minat warga untuk menggunakan transportasi publik.

Feeder Wira-Wiri Suroboyo juga disebut Adi sebagai upaya pemberdayaan warga karena menyerap lapangan kerja hingga ratusan orang.

Baca Juga : Wujud Kolaborasi dan Koordinasi Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Diskominfo Kota Kediri Ikuti Forum Diseminasi Informasi

“Kehadiran feeder ini cukup strategis dan menjadi milestone penting dalam upaya membangun sektor transportasi publik yang baik di Surabaya,” ujar Adi Sutarwijono.

Adi yang juga Ketua DPC PDIP Kota Surabaya itu menambahkan, feeder atau angkutan penumpang menjadi solusi peningkatan penggunaan transportasi publik Suroboyo Bus maupun Bus Trans Semanggi.

“Feeder Wira-Wiri Suroboyo inilah yang bertugas mengumpulkan dan mengangkut penumpang untuk disalurkan ke angkutan trayek tertentu seperti Suroboyo Bus maupun Bus Trans Semanggi,” ujar Adi.

Semakin banyak warga yang menggunakan transportasi publik, lanjut Adi, maka kemacetan lalu lintas akan bisa mulai terurai karena kian sedikit warga yang memanfaatkan kendaraan pribadi.

“Jika kemacetan terurai, kita akan mampu mewujudkan efisiensi ekonomi karena tidak ada waktu terbuang, tidak ada BBM yang terpakai lebih banyak, dan sebagainya. Terurainya kemacetan juga menggerakkan ekonomi karena mobilitas orang dan barang kian lancar,” ujarnya.

Baca Juga : Lantik 57 Kades, Ini Pesan Bupati Kediri

Dikatakan, kehadiran feeder Wira-Wiri Suroboyo juga memberdayakan masyarakat. Ada pengemudi dan helper dalam ekosistem feeder tersebut yang jumlahnya mencapai 320 orang, mereka adalah masyarakat berpenghasilan rendah.

Terdapat 52 unit angkutan feeder yang tersedia di lima rute layanan perjalanan, yaitu Terminal Benowo – Tunjungan, Puspa Raya – HR Muhammad, SWK Penjaringan Sari – Gunung Anyar, PNR Mayjend Sungkono – Embong Wungu, dan Terminal Intermoda Joyoboyo – Terminal Bratang – Kedung Asem


Topik

Pemerintahan feeder Surabaya DPRD angkutan umum


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Lumajang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri