02/12/2022 Dinsos Pamekasan Pastikan Penyaluran BLT DBHCHT Transparan dan Tepat Sasaran | Lumajang TIMES

Dinsos Pamekasan Pastikan Penyaluran BLT DBHCHT Transparan dan Tepat Sasaran

Sep 23, 2022 19:17
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan Moch Tarsun (Foto:Ist/JTN)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan Moch Tarsun (Foto:Ist/JTN)

Pewarta: khairul rozi | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES -  Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 untuk buruh tani tembakau dan buruh rokok di Pamekasan. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Moch. Tarsun. Dia memastikan, pembagian BLT DBHCHT itu tepat sasaran dan prosesnya dilakukan secara transparan. Sebab, para calon penerima BLT DBHCHT sudah melalui proses verifikasi dan validasi data yang melibatkan pemerintah desa serta camat yang tersebar di 13 ecamatan.

Baca Juga : Tanah Bengkok Hendak Dieksekusi, Kades Sumberkerto: Hasil Panen untuk Acara Keagamaan

Bahkan, pengusulan itu sudah dilengkapi dengan berita acara musyawarah desa bersama badan permusyawaratan fesa (BPD) dengan dilampiri by name by address (BNBA) atau nama dan alamat.

"Selanjutnya kami melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima. Jika sesuai dengan kriteria, maka akan ditetapkan dengan keputusan bupati sehingga ini sudah sangat transparan," katanya, Jumat (23/09/2022).

Dikatakannya, sasaran dan kriteria BLT DHCHT ini adalah warga Pamekasan yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan merupakan buruh tani tembakau atau buruh pabrik rokok yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah tanpa mempertimbangkan apakah mereka penerima bantuan sosial lainnya.

"Sehingga nanti masyarakat yang tidak masuk dalam kategori penerima bantuan tersebut dipastikan tidak akan ter-cover sebagai penerima," jelas Tarsun.

Diketahui total anggaran untuk BLT DBHCHT tersebut sebesar Rp 22,4 miliar. Yang akan diterima buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok itu sebesar Rp 900 ribu selama tiga bulan dengan rincian Rp 300 ribu per bulan.

"Untuk pencairannya nanti akan masuk ke rekening masing-masing penerima, melalui Bank Jatim," ungkap Tarsun.

Dalam realisasi bantuan itu, tambah dia, pihaknya menggandeng pihak kejaksaan, polres, dan aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) agar realisasi program itu berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga : Pasca BBM Naik, Ratusan Nelayan Gresik Kesulitan Solar

 

"Karena tujuan dari program BLT ini yakni untuk meningkatkan kesejahteraan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok serta untuk mengurangi beban pengeluaran," kata Tarsun.

Untuk diketahui, Dinsos Pamekasan juga melaksanakan sosialisasi BLT DBHCHT di 13 kecamatan serta melaksanakan bimbingan teknis petugas verifikasi dan validasi data yang bertempat di Hotel Cahaya Berlian Jl Raya Panglegur Pamekasan, pada, Selasa (6/9/2022) lalu

Bimtek itu dilakukan agar para petugas mengetahui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2022 tentang pedoman penyaluran BLT DBHCHT. Mulai prosedur, kriteria, penerima bantuan, dan lain sebagainya.

 

Judul berita Dinsos Pamekasan Pastikan Penyaluran BLT DBHCHT Transparan dan Tepat Sasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BLT DBHCHT Pemkab Pamekasan

Berita Lainnya