02/12/2022 Mudik Lewat Tol? Awas Kamera ETLE Mengawasi | Lumajang TIMES

Mudik Lewat Tol? Awas Kamera ETLE Mengawasi

May 01, 2022 10:00
Ilustrasi kamera ETLE yang ada di Jalan Raya (pixabay)
Ilustrasi kamera ETLE yang ada di Jalan Raya (pixabay)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Masyarakat kini harus kian tertib. Sebab, penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bukan lagi di jalan-jalan protokol kota, namun kini juga telah diterapkan di kawasan jalan tol. Bahkan, pelanggar yang melanggar di luar kota dapat juga terkena ETLE. 

"Yang menarik adalah, saat ini di ETLE jalan tol sudah berlaku ETLE lintas wilayah. Misalnya ter-capture overspeed di Jawa Tengah, kendaraan Jakarta. Maka Ditlantas Polda Jawa Tengah akan mengirimkan surat konfirmasi kepada Polda Metro Jaya," tutur Kasubdit Penindakan dan Pelanggaran Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol I Made Agus Prasetya dalam video yang ditayangkan YouTube NTMC Channel baru-baru ini.

Baca Juga : KASN Sudah Beri Restu, Pemkab Malang Segera Proses Lelang Terbuka Jabatan Kosong

Pihaknya menegaskan, saat ini ETLE telah menjadi standar nasional yang diterapkan oleh 26 Polda. Sistem ini sudah standar dan sudah ditetapkan oleh peraturan Korlantas Polri. Korlantas Polri sebagai dirigen menginstruksikan dan mengawasi alur dari penindakan lintas wilayah ini.

Mekanisme penindakan ETLE ini sama di semua wilayah. Pertama, kamera ETLE akan menangkap pelanggaran lalu lintas baik di tol maupun di arteri dengan sebuah citra atau bukti foto. Setelah itu, data tersebut kemudian akan ditransfer menuju ke back office.

Dan selama kurang lebih 3 hari, petugas akan melakukan pengecekan atau verifikasi hasil capture. Ketika perwira back office menyatakan valid atau melanggar, petugas akan menyiapkan surat konfirmasi yang kemudian ditandatangani oleh para kasubdit gakkum tempat locus delicti di-capture-nya pelanggaran tersebut. 

"Selama 3 hari, (surat tilang) dikirim ke alamat sesuai database kendaraan melalui kantor pos," jelas I Made Agus dalam video yang ditayangkan YouTube NTMC Channel.

Setelah surat tilang dari petugas sampai ke alamat yang dituju atau yang diduga merupakan alamat pemilik kendaraan, maka pemilik kendaraan atau yang terkena tilang diberikan waktu untuk mengkonfirmasi terkait pelanggaran yang dilakukan.

Baca Juga : Mengulas Lagu Hari Lebaran Karya Ismail Marzuki yang Sarat Makna dan Kritik Sosial, Lengkap dengan Liriknya

"Pemilik kendaraan diberikan waktu 5 hari untuk konfirmasi. Cara konfirmasinya pun mudah, tinggal scan barcode yang tertera melalui gadget masing-masing. Jika tidak konfirmasi, maka petugas akan melakukan pemblokiran di Samsat," jelasnya.

Sebaliknya, jika pengendara mengakui pelanggaran yang dilakukan, maka sistem akan memberikan  waktu 7 hari.  Sistem akan memberikan kode pembayaran atau tilang yang harus diselesaikan.

"Pembayaran bisa dengan m-banking, di ATM dan lain sebagainya. Ini memudahkan," pungkasnya.

Judul berita Mudik Lewat Tol? Awas Kamera ETLE Mengawasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
inovasi etle Pelanggaran Lalu Lintas

Berita Lainnya