Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Lumajang Dinilai Tim Kementerian Kesehatan | Lumajang TIMES

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Lumajang Dinilai Tim Kementerian Kesehatan

Sep 15, 2021 19:19
Bupati Lumajang (kiri)  H. Thoriqul Haq, M.ML (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Bupati Lumajang (kiri) H. Thoriqul Haq, M.ML (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

JATIMTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menaruh harapan besar event Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  (STBM) Award memberikan dampak luas. Khususnya pada jaminan kesehatan masyarakat di Lumajang. 

"Saya ucapkan terima kasih,  hari ini Kabupaten Lumajang menjadi bagian penting dalam STBM Award dan kami bisa memaparkan apa yang telah kami lakukan," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan Beberapa Langkah Strategis Sukseskan RPJMD

Lebih lanjut Bupati mengatakan apabila STBM Award Tahun 2021 ini Lumajang masuk kategori Percepatan Open Defecation Free (ODF). Program STBM tidak hanya sekedar pencapaian penghargaannya saja, melainkan komitmen dan kesiapan melakukan langkah-langkah terbaik dimana manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. 

"Kami sadari bahwa kerja keras kami untuk program STBM tidak sekedar soal hari ini ada Award dan presentasi, tetapi kami berkeinginan hal ini menjadi tugas dan tanggungjawab kami untuk menjamin kesehatan masyarakat yang lebih nyata," kata Bupati Thoriqul Haq. 

Sementara itu,  Ketua Tim Penilai Kementerian Kesehatan RI Cucu Cakrawati Kosim menjelaskan bahwa STBM Award merupakan salah satu upaya percepatan  dalam pencapaian ODF Kabupaten/Kota serta percepatan keberlanjutan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. 

"STBM Award Sebagai inspirasi pembelajaran terbaik bagi Kabupaten/Kota yang lain dan diharapkan akan mendorong reputasi untuk keberhasilan implementasi STBM di seluruh Indonesia," jelas Cucu Cakrawati Kosim.  

Baca Juga : Dinilai Ganggu Estetika, Bangunan Liar di Gondanglegi Kulon Bakal Ditertibkan Satpol PP

Di tahun 2021 ini, merupakan tahun verifikasi Kabupaten/kota sehat. ODF menjadi prasyarat verifikasi utama untuk pengusulan Kabupaten/Kota sehat, hal itu berdasarkan surat Mendagri tahun 2019 dan 2020.

Topik
Bupati Lumajang Thoriqul Haq stbm award

Berita Lainnya