Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Sempat Rusak dan Tak Digunakan, Jalur Pasirian Tempursaru Lumajang Kembali Dibangun

Penulis : Asmadi - Editor : Pipit Anggraeni

08 - Apr - 2021, 02:28

Buoati dan Wakil Bupati Lumajang saat meninjau pembangunan jalan Pasirian-Tempursari (Kominfo)
Buoati dan Wakil Bupati Lumajang saat meninjau pembangunan jalan Pasirian-Tempursari (Kominfo)

LUMAJANGTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati melakukan peninjauan pembangunan yang diselenggarakan di Dusun Karang Manjangan, Desa Bulurejo, Jalan Pasirian - Tempursari, Kamis (8/4/2021).

Di sela agenda, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, bahwa jalur tersebut merupakan jalur yang sudah lama tidak digunakan. Karena adanya jalur baru di tepian Pantai Watu Godek. Namun, setelah jalur di tepian Watu Godek tersebut rusak pada Tahun 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama masyarakat berinisiatif untuk kembali menggunakan jalur yang lama.

Baca Juga : Tanggapi Surat Usulan, Bupati Gresik Ajak Mediasi LSM Pemerhati Sampah

"Jalan ini memang dulu pernah digunakan oleh masyarakat. Ini jalan yang akan kembali kita gunakan untuk kegiatan masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Wabup Lumajang Indah Amperawati menerangkan, bahwa sebelumnya Pemerintah Daerah telah bersurat kepada Kementerian Pekerjaan Umum untuk dilakukan pembangunan jalur yang rusak akibat abrasi. Namun, karena kondisi pandemi, kementerian belum bisa melakukan pembangunan.

"Ini bisa menjadi solusi untuk dijadikan jalur alternatif jalur Pasirian-Tempursari yang tercepat," ungkapnya.

Baca Juga : Jalan di Lumajang Rusak Parah, Aktivis Lingkungan Tuntut Penutupan Tambang

Pembangunan jalur Pasirian-Tempursari tersebut, juga melibatkan partisipasi masyarakat. Selain, dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang, sebagian jalan juga telah dibangun oleh masyarakat secara gotong-royong. Jalan sepanjang kurang lebih 7 kilometer tersebut, bisa dilalui kendaraan roda dua, untuk akses perkebunan dan ekonomi masyarakat sekitar.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Asmadi

Editor

Pipit Anggraeni