Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Temui Rel Menyilang, Jangan Langsung Terjang, Begini Cara Melewatinya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

16 - Dec - 2020, 02:34

Ilustrasi cara melewati rel kereta yang posisinya menyilang (Ist)
Ilustrasi cara melewati rel kereta yang posisinya menyilang (Ist)

Ketika melewati jalan yang dilalui perlintasan kereta api, masyarakat harus berhati-hati. Sebab tak jarang, pengendara mengalami insiden kecelakaan saat melintasi jalur tersebut. 

Seperti halnya dikawasan Jalan A Yani atau kawasan jalan bawah Flyover Arjosari yang dilalui jalur kereta api menyilang.  

Baca Juga : Evakuasi Gerbong KA Anjlok di Malang Rampung, Penyebabnya Masih Belum Ketemu

Akibatnya, pengendara yang tak mengetahui bagaimana cara melintasi jalan yang dilewati rel kereta yang posisinya menyilang, banyak yang mengalami insiden  terjatuh saat melintasi rel tersebut.

Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution, menjelaskan, jika jalan yang dilintasi rel dalam posisi menyilang, memang harus diwaspadai masyarakat.

Di kawasan perlintasan bawah Flyover Arjosari, memang sebelumnya seringkali terjadi insiden pengendara terjatuh, karena ban kendaraan tergelincir saat melintas.

Untuk melintasi jalan yang dilintasi rel kereta menyilang, pengendara harus melewatinya secara T. 

Artinya, pengendara harus melewatinya secara lurus, sehingga roda depan ini tidak tergelincir dan masuk ke rongga atau sela rel kereta. Pengendara perlu membuat sudut putar sekitar 70-90 derajat.

"Kayak huruf T itu melintasnya. Jadi saat melintas pengendara harap belok sedikit dan melintas seperti huruf T, sehingga tidak tergelincir," bebernya.

Selain itu, lebih lanjut dijelaskan Kasatlantas, jika saat mendekati jalur rel kereta, pengendara diharapkan mengurangi kecepatan dan juga tidak melakukan pengereman secara mendadak.

Baca Juga : Kurangi Kasus Tabrakan, Daop 7 Madiun Tutup Puluhan Palang Pintu Liar

"Apalagi kalau ban juga sudah halus, kalau melintas tidak hati-hati tentu akan tergelincir," bebernya.

Namun untuk saat ini, insiden tergelincir di jalan yang dilewati rel kereta di kawasan Flyover Arjosari, sudah mulai berkurang. Sebab, masyarakat beberapa sudah memahami bagaimana cara aman dalam melintasi rel kereta yang menyilang

"Sudah mulai jarang. Di lokasi sendiri juga sudah ada pita kejut yang tentunya membuat pengendara harus mengurangi kecepatan saat melintas. Tapi kembali lagi harus tetap berhati-hati," pungkasnya.

 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana