Plt. Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief bersama dengan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M Nurdin saat ikut melakukan penyemprotan dengan menaiki mobil gunner (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Plt. Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief bersama dengan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M Nurdin saat ikut melakukan penyemprotan dengan menaiki mobil gunner (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersama dengan PMI Kabupaten Jember, terus melakukan penyemprotan disinfektan secara masif di beberapa wilayah kecamatan, terutama di daerah dengan status zona merah dan memiliki risiko tinggi dalam penyebarannya.

“Upaya penyemprotan secara masif, bagian dari ikhtiar kami dalam mencegah munculnya covid-19. Penyemprotan akan dilakukan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Jember dengan diawali di titik-titik yang paling rawan,” ujar Plt Bupati Jember A Muqit Arief, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga : Ke Kota Malang, Kepala BNBP Tinjau Kesiapan RS Lapangan

Muqit berharap, dengan adanya penyemprotan disinfektan menggunakan mobil gunner milik PMI ini, bisa memberikan sumbangsih yang berarti dalam memutus mata penularan Covid-19. 

“Tentu harapan kami, dengan penyemprotan disinfektan secara masif ini bisa memutus penyebaran covid-19. Namun meski demikian, protokol kesehatan harus tetap digelorakan di berbagai lingkungan dan kegiatan. Yakni dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Jember E.A. Zaenal Marzuki, dalam kesempatan tersebut mengatakan, setiap kecamatan akan dilakukan penyemprotan satu kali. Sedangkankan disinfektan yang akan disemprotkan diseluruh ruas jalan, perumahan dan pelosok  sedikitnya 12 ribu liter disinfektan.

"Dua unit gunner akan menyemprot seluruh ruas jalan yang ada di Jember. Sementara satu truk akan menyemprot kawasan perumahan, termasuk sprayer kita siapkan untuk menyemprot perkantoran," ujar Zaenal.

Senada dengan Muqit, PMI Kabupaten Jember akan melakukan penyemprotan disinfektan di kecamatan zona merah terlebih dahulu. Kemudian disusul di zona orange dan kuning.

"Kita berharap dengan kegiatan kemanusiaan ini, Jember bisa zona hijau," harapnya.

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Madiun: Tambah Satu Pasien Meninggal Dunia

Dari pantauan media ini, Muqit bersama Komandan Kodim 0824 Letkol Inf La Ode M. Nurdin bersama dengan Ketua PMI Jember menaiki truk Gunner untuk memimpin penyemprotan di wilayah perkotaan. Termasuk di kawasan keramaian pasar Tanjung dan perumahan Tegal Besar Permai. 

Data Kamis (3/12/2020) kemarin, kasus positif baru di Jember bertambah 89 orang dan pasien sembuh baru 123 orang. Sementara untuk kasus meninggal dunia sebanyak 5 orang.