Suasana Outbond Tirtosari (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Suasana Outbond Tirtosari (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Pemerintah Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang terus berupaya memaksimalkan sektor pariwisata. Terbaru, mereka menghadirkan destinasi wisata alam dan outbond. 

Dikelola secara mandiri, pengembangan Tirtosari View turut melibatkan warga sekitar. Sekretaris Desa Penanggal, Mufidun Alamin mengatakan bahwa konsep wisata Tirtosari View merupakan pariwisata yang berbasis masyarakat. 

Baca Juga : Pemkab Jombang Jalin Kerja Sama dengan STIE PGRI Dewantara untuk Kembangkan BUMDes

“Semua pelakunya melibatkan masyarakat sekitar, mulai dari pokdarwisnya, PKL, trainer, dan semua elemen yang terlibat,” jelasnya.

Dijelaskan lagi, dilibatkannya masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan wisata berkelanjutan atau istilah saat ini Sustainable Tourism. Pengembangan SDM juga tidak luput dari sorotan seperti trainer dan fasilitator outbond sudah bersertifikat, artinya tidak abal-abal.

“Para trainer dan fasilitator outbound kami berdayakan dari masyarakat (karang taruna), mereka semua sudah tersertifikasi,” imbuhnya kemudian.

Masih kata Mufidun Alamin, outbound di Tirtosari adalah salah satu media bagi para pengunjung untuk kegiatan di alam. Fasilitas yang disediakan bisa digunakan instansi maupun komunitas untuk mempererat kekompakan, kebersamaan, toleransi, fokus, dan tanggung jawab. 

Baca Juga : Target PAD Sektor Wisata Naik, DPRD Minta Pemkab Bitar Kerja Maksimal

Paket yang tersedia juga beragam, mulai Paket Outbound Kids (TK/Paud, SD/MI, SLTP, SLTA) dan Paket Outbound Corporate (komunitas, instansi, perusahaan).