Satlantas Polres Probolinggo saat bagikan 300 masker kepada pengguna jalan yang melintas. (Foto: Mabrur/ProbolinggoTimes)
Satlantas Polres Probolinggo saat bagikan 300 masker kepada pengguna jalan yang melintas. (Foto: Mabrur/ProbolinggoTimes)

Libur panjang tak surutkan semangat Satlantas Polres Probolinggo. Hal tersebut mereka buktikan dengan menggelar operasi Zebra Semeru 2020. Dalam operasi itu Polres Probolinggo fokus kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker di depan Polsek Dringu, Jum'at (30/10/2020).

Kegiatan tersebut tidak lepas dari kepedulian Satlantas Polres Probolinggo dalam memutus mata rantai penyebaran virus disease (Covid-19).

Baca Juga : Jalan Setapak Dilebarkan, Bangunan Rumah Warga Kota Batu Ambrol

 

Pada operasi tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, memimpin langsung kegiatan tersebut dengan didampingi Kasatlantas AKP Purwanto Sigit Raharjo, Kabag Ops Kompol Heri Susanto, Kasat Bimas Iptu Nila, Kasat Sabhara Iptu Ahmad Jayadi, KBO Lantas Iptu Siswandi, Kanit Regiden Iptu Arjuna, Kanit Laka Iptu Nyoman, dan Kanit Digyasa Iptu Arip.

Menurut Ferdy Irawan, kegiatan tersebut difokuskan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya virus yang hingga kini masih menyelimuti wilayah Probolinggo.

"Kali ini kami bukan menilang pelanggar lalu lintas. Namun, kami berikan 300 masker secara gratis kepada pengguna jalan yang kedapatan tak bermasker," ujarnya.

Ferdy menambahkan, sampai detik ini penyebaran virus korona masih tergolong banyak di Probolinggo. Maka dari itu, kepedulian ini agar supaya masyarakat semakin sadar akan pentingnya memakai masker.

"Operasi Zebra Semeru ini bukan di titik ini saja (Jalan Raya Dringu), namun di seluruh wilayah hukum Polres Probolinggo. Sampai masyarakat betul-betul sadar akan pentingnya memakai masker," imbuhnya.

Terpisah, menurut Kasatlantas AKP Purwanto Sigit Raharjo juga menuturkan, ketika pengguna jalan kedapatan tidak pakai masker, maka petugas menggiring untuk masuk ke Polsek Dringu, guna diberikan wawasan terkait bahayanya virus ini.

Baca Juga : Penjual Buah Padati Ruas Jalan, Satpol PP Kota Probolinggo Ingatkan secara Bertahap

 

Purwanto juga menambahkan, dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat, pihaknya meminta bantuan tokoh agama setempat.

"Kami sengaja meminta bantuan tokoh agama setempat untuk memberikan siraman rohani tentang pentingnya menjaga kesehatan sebelum virus korona menyerang dirinya dari sudut pandang kaca mata agama," ujarnya.

Tak lupa Purwanto juga memberikan 3 kunci penting sebagai wujud ikhtiar, agar terhindar dari virus mematikan ini.

 "3 M kunci utama, yaitu wajibnya memakai masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun cair serta menjaga jarak. InsyaAllah Covid -19 ini segera berakhir," pungkasnya.