Megah Putra Perkasa (Foto:  Instagram @navy_132)
Megah Putra Perkasa (Foto: Instagram @navy_132)

Pandemi covid-19 saat ini membuat aktivitas beberapa sektor dihentikan.  Salah satunya yakni penerbangan yang saat ini dibatasi.  Hal itu tentunya membuat banyak pilot kehilangan pekerjaan.

Melihat kondisi tersebut, siapa sangka beberapa pilot ada yang beralih profesi.  Mereka alih profesi menjadi penjual makanan hingga pengantar makanan.  Bahkan ada yang memulai bisnis makanan kecil-kecilan seperti mi ayam, kue, hingga dessert.  

Baca Juga : Operasi Yustisi di Kota Batu Masih Akan Digelar hingga Akhir November

Selain itu mereka juga mengisi waktu luang sebagai pengantar makanan. Berikut rangkumannya:

1. Jualan Mi Ayam

pilot jualan mie ayam
Foto: IG navy_132

Pilot bernama Megah Putra Perkasa menjadi viral setelah membagikan kisah inspiratifnya di media sosial.   Ia menjadi salah satu pilot yang terdampak pandemi covid-19.  

Hal itu membuatnya kini alih profesi menjadi penjual mi ayam untuk menambah penghasilan. Mi ayam yang djualnya dipasarkan Megah melalui media sosial.  

Siapa sangka, hasil penjualan mi itu kini ternyata berbuah manis.  Megah bahkan berhasil membuka gerai pertamanya di ruko di kawasan BSD, Tangerang.Produk mi ayam Megah ini diberi nama "Kepten Kitchen".

Foto: IG kepten_kitchen

2. Jualan Dessert

Pilot asal malaysia bernama Syed memilih untuk alih profesi sebagai penjual dessert.  

Dari informasi yang beredar, Syed sudah tidak menerima gaji sejak Maret 2020 oleh maskapai penerbangannya.  Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan mulai membantu sang istri berjualan dessert dan aneka kue.  

3. Jualan Dim Sum

Dim Sum - LIVE JAPAN (Jepang perjalanan dan pariwisata pemandu)
Foto: live japan

Dim Sum memang menjadi salah makanan favorit.  Untuk bertahan hidup, pilot asal Filipina beralih profesi untuk menjual dim sum secara online.  

Pilot tersebut bernama Ralph Ricardo.  Ralph bersama sang istri yang juga merupakan pramugari memutuskan untuk membuka bisnis dan menyambung hidup mereka dengan berjualan dim sum.  

"Jika kami tidak terbang, kami tidak digaji. Saat ini penerbangan sangat dibatasi selama pandemi. Akhirnya kami mencari jalan lain untuk menambah penghasilan sehari-hari," cerita Ricardo.

4. Jadi Pengantar Makanan

Baca Juga : Eks Terpidana Kasus Munir Pollycarpus Meninggal, Suciwati Tetap Minta Kasus Suami Berjalan

Kisah menarik juga datang dari pilot asal Thailand ,yakni Kritee Youngfeungmont.  Karena keterbatasan penerbangan, ia memilih alih profesi sebagai pengantar makanan.  

Pilot pesawat jet komersial ini penghasilannya menurun sejak covid-19. Hingga akhirnya, ia mencari usaha lain untuk bertahan hidup memenuhi kebutuhan sehari-hari.  

Kisah yang sama dengan Kritee Youngfeungmont juga dialami poleh pilot asal Malaysia yakni Anwar Ajid.  Ia harus menjadi pengantar makanan sejak awal pandemi untuk menambah pendapatnya.  

Pria yang berprofesi sebagai pilot lebih dari 10 tahun ini kini tengah menekuni pekerjaan barunya sebagai pengantar makanan.  Namun, sambil mengantar makanan, Anwar ternyata juga melamar pekerjaan di beberapa perusahaan.