Panen Padi Organik ( Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatimtimes)
Panen Padi Organik ( Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatimtimes)

Petani di Lumajamg tidak akan khawatir lagi soal harga pupuk yang kian melambung, utamanya pupuk kimia. Dengan menggunakan pupuk organik dari Kelompok Tani Sejati Sari Luhur, panen padi bisa lebih cepat dari pupuk kimia dan harganya lebih murah.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML ketika menghadiri Panen Padi Sehat di Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, Jumat pagi (2/10)

Baca Juga : Keladi Sexy Pink dan Aneka Syngonium akan Ramaikan Pameran Virtual Bunga Terbesar di Malang

"Dari pupuk organik ini hasil panen lebih cepat dan harganya lebih murah, selisih waktu panennya 10-15 hari dari pupuk kimia," ujarnya.

Hasil panen dari pupuk organik juga sangat memuaskan dengan hasil 0% tanpa gabuk, artinya semua padinya berisi dan berkualitas bebas bahan kimia.

Disamping itu, dengan menggunakan pupuk organik petani akan terbebas dari hama, kandungan dari pupuk Sari Luhur juga mengandung pestisida yang mana aromanya tidak disukai oleh hama semacam tikus, wereng dan sebagainya.

Wakil Bupati Lumajang, Hj. Indah Amperawati, M.Si, menambahkan, dengan menggunakan pupuk organik, hasil yang akan menjadi investasi bagi kesehatan.

Baca Juga : Karta Labruk Kidul Lumajng Akan Kembangkan Tempe Wedok

"Anak cucu kita pasti nanti akan berterimakasih pada generasi sekarang, karena memberikan bahan pangan sehat dan terbebas dari kimia," jelas Bunda Indah.

Untuk saat ini, Pupuk Organik Sari Luhur masih dimanfaatkan untuk kalangan sendiri. Artinya masih belum bisa diproduksi secara masal. Kedepan akan dilakukan banyak inovasi dan persiapan agar Pupuk Organik Sari Luhur bisa dimanfaatkan secara luas.