Ribuan warga mulai berdatangan ke Pandawangi Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Ribuan warga mulai berdatangan ke Pandawangi Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Keinginan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq untuk menjadikan latihan tempur yang melibatkan sejumlah pesawat tempur canggih menjadi atraksi wisata, mulai mendapatkan sambutan masyarakat, khususnya di Lumajang.

Pagi ini, Selasa (29/9), ribuan warga dari berbagai penjuru Lumajang mulai mendatangi kawasan Pandanwangi Kecamatan Tempeh Lumajang untuk menyaksikan latihan tempur yang sekaligus merupakan Air War Show dengan sandi Operasi Sikatan Daya 2020.

Baca Juga : Pulang Pendidikan dari Jember, 8 Anggota TNI Asal Blitar Dilaporkan Positif Covid-19 

 

"Saya pertama kali melihat latihan tempur ini dan sangat bagus. Banyak teman dan tetangga saya yang juga ikut datang untuk melihat latihan tempur ini," kata salah seorang warga yang menyaksikan latihan tempur ini.

Pihak TNI AU pada latihan tempur  dan Air War Show ini melibatkan beberapa pesawat tempur terbarunya, yakni Sukhoi yang dibeli pemerintah dari Rusia. Disamping itu juga disertakan jet tempur F16 disamping sejumlah helikopter.

"Ini merupakan potensi wisata yang nanti bisa dikemas dengan konsep Militery Tourism yang bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Lumajang. Karena memang jarang masyarakat bisa melihat jet tempur dari jarak yang cukup dekat, kecuali pada saat latihan seperti ini," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq kepada sejumlah awak media sebelumnya.

Langkah Bupati Lumajang ini juga mendapatkan dukungan dari Arhanud Abdul Rahman Saleh Malang, yang menyebut kawasan latih di Pandawangi Lumajang sangat ideal untuk latihan karena kawasannya sangat datar tanpa adanya bukit, sehingga juga bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Kedepan bahkan direncanakan akan disediakan tempat khusus bagi penonton, dan akan menjadikan latihan tempur TNI ini sebagai agenda wisata Lumajang.

Baca Juga : Operasi Yustisi Dinilai Efektif, Denda Administrasi Warga Tak Bermasker di Kota Malang Capai Rp 4 Juta 

 

Tempat latihan di Pandawangi yang oleh masyarakat Lumajang lebih dikenal sebagai lapangan tembak, selalu menjadi kawasan latihan untuk para penerjun TNI, latihan pesawat tempur dan agenda lainnya.

Bupati Lumajag H. Thoriqul Haq, Wabup Ir. Indah Amperawati dan Ketua DPRD Lumajang tampak ikut hadir menyaksikan latihan tempur dan air show ini.