Ini salah satu kondisi sekolah yang diunggah Saiful Anam, anggota DPRD Lumajang dari PDIP
Ini salah satu kondisi sekolah yang diunggah Saiful Anam, anggota DPRD Lumajang dari PDIP

Anggota Komisi D DPRD Lumajang Drs. Saiful Anam M.Pd mengaku sangat prihatin dengan kondisi pendidikan di Kabupaten Lumajang. Selain banyak gedung sekolah yang rusak, lama rata-rata sekolah warga Lumajang masih jauh dari layak.

Pada hari ini, Jumat (25/9), anggota Fraksi dari PDI Perjuangan memposting kerusakan SDN Bagu 01 Pasirian yang kondisinya mulai memprihatinkan dan jauh dari layak untuk sebuah aktivitas pendidikan.

Baca Juga : Keren, SMA 2 Bondowoso Gelar Pemilihan Osis Daring

"Foto itu saya posting karena saya tidak tahan juga melihat kondisi sekolah kita. Bagaimana IPM kita bisa naik, kalau kondisi sekolahnya seperti itu. Ini yang berhasil kita ketahui, mungkin banyak lagi sekolah lain, yang kondisinya lebih buruk dari yang saya posting tadi. Ini benar-benar memprihatinkan," kata Saiful Anam.

Melihat kenyataan ini, Saiful Anam menyatakan sudah mengusulkan untuk segera melakukn Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Lumjang untuk meminta data sekolah yang rusak di Kabupaten Lumajang.

"Saya sudah minta kepada Ketua Komisi D untuk segera digelar RDP untuk memanggil Kepala Dinas Pendidikan, dari situ kita bisa tahu kondisi pendidikan kita selama ini. Yang jelas saya sangat prihatin dengan kondisi ini," kata Saiful Anam kemudian.

Saiful Anam menegaskan, pendidikan adalah hak setiap warga negara. Jika lembaga pendidikannya banyak yang rusak, maka negara sesungguhnya sudah tidak adil pada anak-anak, khususnya anak-anak usia sekolah.

Baca Juga : Sudah Ada Seragam Gratis, Wali Murid di Jombang Malah Dipaksa Beli Seragam

"Pendidikan itu hak dari anak-anak kita. Pendidikan kita harus dibenahi, juga sekolahnya. Jangan sampai hak itu tidak kita berikan dengan benar. Kalau ini terjadi, maka ini adalah ketidak adilan yang nyata kepada generasi penerus kita," tegas Saiful Anam kemudian.