Pembinaan Mualaf (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Pembinaan Mualaf (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Definisi secara umum tentang mualaf adalah orang non muslim yang ada keinginan atau yang baru masuk Islam. Di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ada sekitar 150 KK yang dibina baik aspek finansial maupun keagamaan oleh Ainur Rofiq dan tim.

Dengan sabar dan telaten Rofiq membina mereka yang jauh dari akses komunikasi maupun transportasi. Pria asal Lamongan ini sudah berpengalaman dalam membina mualaf, kiprahnya dimulai ketika lulus dari Mahad Umar bin Khattab, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Baca Juga : Abu Jahal Akui Ajaran Rasulullah, Ingkar Gara-Gara Persaingan Suku

 

Pada tahun 2006 Rofik ditugaskan di pelosok Mentawai, Sumatera Barat. Disana banyak mualaf yang tidak terurus sehingga keluar lagi dari Islam.

“Kami mulai bertugas di pelosok Mentawai, Sumatera Barat medio tahun 2006, secara kebetulan kami menemui banyak mualaf di daerah sana tidak terurus sehingga kembali keluar dari Islam. Dari situ kami berpikir jika mualaf adalah bagian dari tanggungjawab kami dalam membina manusia untuk mengenal agama Allah,” paparnya.

Desa Argosari  merupakan pemukiman suku Tengger di Kabupaten Lumajang, berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu di daerah sini lumayan dingin dan dihuni mayoritas umat Hindu. Otomatis mualaf adalah minoritas. Aspek pertanian dan peternakan menjadi fokus Rofik untuk digarap bersama para mualaf.

“Kami memberikan modal usaha dengan sistem bagi hasil, kami fokuskan pada aspek pertanian dan peternakan untuk memberdayakan ekonomi para mualaf,” tambahnya.

Rofik berharap kelak akan lahir putra daerah yang menjadi kader-kader dakwah dalam menyampaikan seruan kebaikan dan keindahan serta toleransi agam Islam kepada khalayak ramai.

"Karena mualaf adalah anugerah untuk mengajak orang lain senantiasa konsisten menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan- Nya," kata Rofik lagi.

Baca Juga : Giatkan Pemberdayaan Mualaf di Lumajang, Lazizmu Senduro Maksimalkan Dana Donasi

 

Mualaf adalah ladang amal untuk terus membimbing mendidik dan tempat mengadu masalah kehidupan yang dihadapi mereka