Joan Mir saat menempel ketat Valentino Rossi (MotoGP)
Joan Mir saat menempel ketat Valentino Rossi (MotoGP)

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir menggagalkan ambisi Valentino Rossi meraih podium ke-200 pada balapan kandangnya di MotoGP San Marino 2020 karena merebut posisi finis ketiga pada lap terakhir yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020) malam WIB.

Valentino Rossi harus puas finis di posisi keempat pada balapan MotoGP San Marino, karena Joan Mir merebut finis ketiganya di lap terakhir. Karena itu Mir meminta maaf kepada Valentino Rossi atas aksinya tersebut.

Baca Juga : Modal 200 Ribu, Mahasiswa Ini Dapat Vespa Seharga Rp 35 Juta

Turun di negaranya sendiri tak membuat Valentino Rossi bisa meraih podium dengan mudah. Pasalnya, pebalap lain juga ingin menorehkan gelar pada ajang balapan motor paling bergengsi di dunia itu.

Setelah menuntaskan balapan, pebalap asal Spanyol tersebut cukup puas dengan ritme balapannya yang berhasil membuahkan podium keduanya musim ini. 

Bahkan manuver yang dilakukan saat balapan juga berhasil membuat rekan setimnya Alex Rins kalah. Akan tetapi, Mir gagal mengejar Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang keluar sebagai pemenang.

"Dan anda tahu saya rasa dengan ritme semacam ini meraih podium adalah hal yang mungkin, Franco Morbidelli sudah jauh," kata Joan Mir, dilansir laman resmi MotoGP.

Menurut Joan Mir, ia tidak akan melupakan aksinya yang berhasil menyalip Rossi di putaran terakhir MotoGP San Marino 2020. Pebalap berusia 23 tahun ini juga mengungkapkan permintaan maafnya kepada Valentino Rossi atas aksinya tersebut.

"Kemudian saya melakukan overtake kepada Alex Rins, dan putaran terakhir dengan Valentino Rossi yang menjadi momen yang tak akan saya lupakan itu adalah manuver yang cantik," ungkap Mir. 

Baca Juga : Inilah Bus-Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia yang Menempuh Perjalanan Berhari-hari

"Saya meminta maaf kepadanya karena dia telah menjalani balapan ini dengan sangat bagus, tetapi bagaimana pun, ini adalah hari saya," imbuhnya percaya diri.

Untuk diketahui, MotoGP San Marino dimenangkan Franco Morbidell di podium pertama, disusul Francesco Bragnaia, Joan Mir, Valentino Rossi dan Alex Rins diposisi kelima. 

Setelah merampungkan balapan ini, pembalap akan kembali beraksi di Sirkuit Misano pada seri MotoGP Emilia Romagna 2020 yang akan berlangsung pada 20 September mendatang.