Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Nabi Sulaiman merupakan salah satu utusan Allah SWT yang diberi banyak keistimewaan. Salah satunya berupa kekuasaan yang akhirnya membuat Nabi Sulaiman mampu menguasai jin, hewan, bahkan angin sekalipun.

Namun sayangnya, kepemimpinan Nabi Sulaiman untuk menyampaikan ajaran Allah SWT tidak lama. KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam sebuah kajian menyampaikan, kepemimpinan Nabi Sulaiman yang tak lama itu salah satunya dikarenakan kerajaan yang dipimpinnya. "Karena takutnya kaumnya saat itu lantaran kekuasaan," terang Gus Baha.

Baca Juga : Atas Nama Cinta, Pria Ini Rela Berikan Nyawa Bagi Pria Lain

Bahkan, saat masih memimpin kerajaannya yang agung, Nabi Sulaiman pernah dikhianati oleh jin yang ditaklukkannya. Bahkan saat itu Nabi Sulaiman sempat disebut sebagai orang gila oleh kaumnya sendiri.

Kisah itu bermula ketika Nabi Sulaiman hendak ke kamar kecil. Setiap kali ke kamar kecil, Nabi Sulaiman selalu menitipkan cincin yang dikenakannya kepada sang istri. Singkat cerita, istri Nabi Sulaiman memberikan cincin tersebut kepada jin yang ditaklukkan Nabi Sulaiman.

Dengan cincin itu, jin mengubah dirinya merupai Nabi Sulaiman, lalu menduduki singgasana Nabi Sulaiman. Tak ada yang berubah saat jin itu menguasai kerajaan Nabi Sulaiman. Semuanya pun patuh terhadap  jin yang menyerupai Nabi Sulaiman.

Sedangkan Nabi Sulaiman yang asli tak diakui oleh umatnya dan disebut sebagai orang gila. Pada akhirnya Nabi Sulaiman menangis, berdoa, dan bertaubat. Maka Nabi Sulaiman kembali memimpin kerajaannya. "Tapi itu hadisnya tidak sahih. Makanya saya sebut itu kata orang," terang Gus Baha.

Bukan hanya itu. Nabi Sulaiman juga disebut pernah dikhianati oleh setan. Ini menjadi awal mula Nabi Sulaiman dikenal sebagai tukang sihir oleh Yahudi.

 Kisah bermula saat Nabi Sulaiman diminta menaklukkan setan hingga hewan. Di saat yang bersamaan, setan menciptakan buku mantra dan dipendam di bawah singgasana Nabi Sulaiman.

Baca Juga : Burung Inilah yang Pertama Kali Membawa Kalimat "Bismillah" dalam Bentuk Tulisan

Lalu ketika Nabi Sulaiman meninggal dunia, setan menyebarkan isu bahwa Nabi Sulaiman bisa menaklukkan berbagai makhluk karena memiliki buku panduan. Maka orang-orang membongkar dan menemukan buku tersebut. Itu sebabnya, Nabi Sulaiman disebut sebagai tukang sihir. "Itu lantaran rekayasa buku sihir yang seakan-akan karya Nabi Sulaiman," ucap  Gus Baha.

Bertahun-tahun setelah munculnya keyakinan bahwa Nabi Sulaiman adalah tukang sihir, maka Nabi Muhammad SAW meluruskan itu semua. Rasulullah SAW menyampaikan kekeliruan yang terjadi dan menceritakan tipu daya setan.