Acara bersih-bersih Kali Asem pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Acara bersih-bersih Kali Asem pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Ratusan orang yang terdiri dari ASN, TNI, Polri dan unsur lainnya, pada hari ini, Jumat (21/2) turun ke Kali Asem Lumajang untuk melakukan bersih-bersih di sungai yang membelah kota Lumajang tersebut.

Acara ini dipimpin oleh Asisten Sekda Lumajang Ir. Nugroho Dwi Atmoko, Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Akhmat, Dandim 0821 Lumajang dan sejumlah lembaga lainnya di Lumajang.

Acara bersih-bersih Kali Asem sebagai bagian dari acara Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Lumajang, disamping sejumlah acara lainnya yng akan delar sampai hari minggu (23/2) mendatang.

"Peserta dari bersih-bersih Kali Asem ini lebih dari seribu orang yang berasal dari OPD di Lumajang, TNI dan Polri. Pada hari ini juga digelar acara yang sama di sejumlah sekolah di Lumajang," kata Kepala Dinas DLH Lumajang Ir. Yuli Haris.

Sementara itu Asisten Sekda Lumajang Ir. Nugroho Dwi Atmoko kepada sejumlah awak media mengatakan, melalui acara ini diharapkan ada kesadaran masyarakat untuk mencintai kebersihan, dan tidak sebatas menjadi seremonial belaka.

"Saya sangat berharap tidak sebatas acara seremonial saja, namun kami harapkan masyarakat tidak membuang sampah di sungai, yang akan menyebabkan sungai kita kotor dan penuh dengan sampah, khususnya sampah plastik," kata Ir. Nugoho Dwi Atmoko.

Disampin membersihkan Kali Asem yang membelah kota Lumajang, sejumlah kelompok juga dibagi untuk membersihkan sejumlah tempat lainnya, termasuk di sekitar RS. dr. Haryoto Lumajang.