Salah satu tanaman Klampok Darsono yang ditanam DLH Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Salah satu tanaman Klampok Darsono yang ditanam DLH Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Tanaman buah, yakni jenis Klampok Darsono, yang ditanam Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang di sejumlah ruas jalan di Lumajang mulai bersemi.

Daun-daun segar dan baru mulai muncu pada tanaman yang masih dibungkus dengan jerami, seperti yang tampak di jalan Sutoyo, depan Kantor Dinas PU Lumajang.

Plt Kepala DLH Lumajang Ir. Yuli Haris kepada media ini mengatakan, dengan berseminya daun pada tanaman baru tersebut, diharapkan tanaman yang sudah cukup tinggi tersebut tumbuh makin subur, sehingga kedepan, disamping bisa meneduhkan jalan, juga bisa dinikmati buahnya.

"Kita terus pantau perkembangannya, dan kita rawat sesuai dengan karakter tanaman Klampok Darsono, sehingga seluruh pohon yang kita tanam bisa terus berkembang dengan baik," kata Yuli Haris.

Ketika disinggung tentang perkiraan tanaman ini mulai berbuah, Yuli Haris menjelaskan, paling singkat tanaman tersebut mulai akan berbuah dua tahun yang akan datang.

"Mungkin dua tahun yang akan datang, tanaman itu sudah mulai rindang. Ranting-rantignya mulai kuat dan akan segera berbuah. Dan masyarakat bebas menikmati tanaman buah tersebut," tegas Yuli Haris kemudian.