Foto Ilustrasi (Foto : manfaat.co.id / Jatim TIMES)
Foto Ilustrasi (Foto : manfaat.co.id / Jatim TIMES)

Mulai tahun depan akan ditanam sejumlah tanaman buah, sebagai tanaman peneduh jalan di sejumlah ruas jalan di dalam kota Lumajang. Sehingga selain sebagai peneduh jalan, tanaman buah ini diharapkan bisa memberikan manfaat lain bagi masyarakat.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.ML kepada media ini mengatakan, untuk tanaman buah ini masih akan dipilih tanaman yang akarnya sangat kuat, sehingga tidak mudah tumbang jika ada angin kencang.

"Kriterianya tanaman yang akar dan pohonnya sangat kuat, sehingga tidak mudah tumbang jika ada angin kencang. Buahnya juga harus dipilih yang tidak terlalu besar, sehingga jika jatuh dari pohon tidak berbahaya, baik bagi masyarakat yang melintas di jalanan ataupun untuk kendaraan yang diparkir di pinggir jalan," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.ML melalui sambungan poselnya, Minggu (27/10) kemarin.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Haris yang kami konfirmasi secara terpisah mengatakan, jenis buah yang akan ditanam mungkin tidak satu macam, namun beberapa jenis buah.

"Tujuannya disamping buahnya bermanfaat, secara estetika juga bagus buat peneduh jalan di dalam kota. Pak Bupati menyebut ini sebagai tanaman tematik untuk ruas jalan tertentu yang harus  berbeda dengan ruas jalan lainnya," jelas Yuli Haris melalui ponselnya.

Yuli tidak menjelaskan kapan tanaman buah ini akan ditanam, namun diharapkan dalam tahun anggaran 2020, tanaman buah ini sudah mulai menghiasi sejumlah ruas jalan di dalam kota Lumajang.

"Jika tanaman ini berbuah, siapa saja boleh memanfaatkan dan menikmatinya. Kita masih mencari tanaman yang cocok untuk iklim Lumajang dan memenuhi ketentuan sebagai tanaman peneduh jalan yang kuat dan aman," kata Yuli Haris kemudian.